Jenis-jenis AI

Kecerdasan buatan (AI) secara garis besar dapat dibagi menjadi beberapa jenis.

Misalnya, “komputer yang berpikir seperti manusia” dan “sistem yang menggantikan beberapa kemampuan manusia” keduanya didefinisikan sebagai kecerdasan buatan, tetapi keduanya memiliki fungsi yang sangat berbeda.

Secara khusus, ini dapat diklasifikasikan menjadi ” AI khusus ” dan ” AI tujuan umum “, dan ” AI kuat ” dan ” AI lemah “.

  • AI khusus

AI khusus mengacu pada kecerdasan buatan yang secara otomatis mempelajari dan memproses tugas di area terbatas. Secara khusus, ini adalah kecerdasan buatan dengan teknologi seperti pengenalan gambar, pengenalan suara, dan pemrosesan bahasa alami (dijelaskan di bab selanjutnya). Artificial Intelligence yang saat ini banyak digunakan dalam domain bisnis adalah AI khusus.

  • AI umum

AI tujuan umum mengacu pada kecerdasan buatan yang dapat menangani berbagai tugas dengan cara yang sama seperti manusia, daripada hanya menanggapi tugas tertentu.

Sekalipun terjadi peristiwa yang tidak terduga, manusia dapat membuat penilaian yang komprehensif berdasarkan pengalaman mereka dan menyelesaikan masalah. Dengan cara ini, kecerdasan buatan dengan kemampuan pemecahan masalah yang mirip manusia adalah AI untuk tujuan umum. Saat ini, metode untuk mewujudkan AI untuk keperluan umum belum diklarifikasi.

Ada juga gagasan bahwa jika kecerdasan buatan adalah komputer dengan kecerdasan mirip manusia, AI tujuan umum adalah kecerdasan buatan yang sebenarnya, dan AI khusus tidak lebih dari mesin yang mengotomatiskan pemecahan masalah.

Selain itu, ada juga jenis AI yaitu, AI kuat dan AI lemah yang didukung oleh filsuf Amerika John Searle .

  • AI kuat (Strong AI)

Ai kuat mengacu pada kecerdasan buatan yang memiliki manusia-seperti kesadaran diri dan mampu tugas-tugas yang membutuhkan kemampuan kognitif penuh.

  • AI lemah (Weak AI)

mengacu pada kecerdasan buatan yang hanya menggantikan sebagian dari kecerdasan manusia dan hanya memproses tugas-tugas tertentu.

“AI yang kuat” dan “AI yang lemah” adalah konsep yang diklasifikasikan dari sudut pandang “apakah kecerdasan buatan memiliki kesadaran dan kecerdasan manusia”. Di sisi lain, “AI khusus” dan “AI tujuan umum” adalah konsep yang diklasifikasikan dari sudut pandang “pemrosesan masalah” seperti “dapatkah kita menangani berbagai masalah seperti manusia?”

Dengan kata lain, hubungan antara “AI yang kuat” dan “AI yang lemah”, dan “AI tujuan umum” dan “AI khusus” dikategorikan menurut sudut pandang dari mana kecerdasan buatan dinilai . “Strong AI” dan “general-purpose AI”, dan “weak AI” dan “special AI” dapat dikatakan sebagai konsep yang serupa dengan perspektif yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.