Dalam video pengembang resmi OS Apple dijelaskan, “iOS 16” dan “iPad OS 16” yang dijadwalkan akan dirilis musim gugur ini akan dilengkapi dengan fungsi untuk menghindari sistem otentikasi online “CAPTCHA”.

CAPTCHA digunakan secara online untuk memastikan bahwa responden bukan komputer. Mereka dapat dalam berbagai format, dari memasukkan teks yang terdistorsi, hingga memilih kotak centang “Saya bukan robot”, atau “pilih semua ubin mobil”. Ini mencegah akses terprogram ke layanan online di komputer Anda.

Menurut video yang dirilis Apple, di iOS 16 / iPadOS 16, setelah mengonfirmasi bahwa perangkat dan akun ID Apple normal, tunjukkan “Token Akses Pribadi” di situs web. Ini adalah alternatif untuk CAPTCHA dan dapat menghilangkan input pengguna.

Penyedia layanan cloud Cloudflare dan Fastly telah mengumumkan dukungan untuk token akses pribadi, menurut MacRumors. Ini dapat menghilangkan sertifikasi CAPTCHA untuk berbagai situs web dan aplikasi setelah rilis resmi iOS 16.

MacRumors juga menjelaskan bahwa singkatan CAPTCHA sudah diaktifkan di versi beta iOS 16 / iPadOS 16 dan dapat diatur dari “Kata Sandi dan Keamanan” -> “Verifikasi Otomatis” dari ID Apple. Fitur ini juga akan didukung di macOS Ventura.

CAPTCHA menjadi lebih sulit dengan evolusi teknologi terobosan otentikasi dengan peretasan, dan bahkan manusia sulit untuk menilai, dan ada kasus di mana mereka membuat kesalahan. Fitur penghindaran CAPTCHA dari iOS 16 akan disambut untuk menghilangkan kerumitan tersebut dan meningkatkan keamanan online.

Sumber : Apple
Melalui : MacRumors

Leave a Reply

Your email address will not be published.